Tugas 1 Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer
Pada Interaksi manusia dan Komputer atau HCI ( Human Computer Interaction ) banyak cakupan atau pembahasan yang lebih luas. Karena itu kami mencoba mengaji apa keterkaitan Interaksi manusia dan Komputer dengan Ilmu-Ilmu yang lain.
Ilmu komputer (Computer Science) mempelajari
tentang perancangan aplikasi dan rekayasa atau perancangan antarmuka
yang dapat digunakan oleh manusia dengan mudah. Hal ini berkaitan dengan
pemilihan program bantu pendukung, bahasa pemrograman,
teknik pemrograman, serta bidang ilmu komputer lain misalnya pengolahan
bahasa alami, struktur data, basis data, dan lain-lain.
Memberikan kerangka kerja untuk dapat merancang sistem HCI. Salah satu teknik yang berkaitan dengan IMK yaitu teknik elektronika.
Teknik Elektronika Berbicara tentang komputer, khususnya dari sisi
perangkat keras, pastilah tidak terlepas dari pembicaraan tentang teknik
elektronika. Dalam bidang inilah kita dapat mempelajari banyak sekali
aspek yang berhubungan dengan perangkat keras komputer. f. Ergonomik
Saat ini semakin banyak orang yang bekerja di depan terminal komputer
untuk jangka waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu untuk pengguna yang
demikian perlu dipersiapkan meja kerja yang nyaman, untuk menghindari
kemungkinan adanya kecelakaan, naik ringan maupun berat. Ergonomik
berhubungan dengan aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang
nyaman. Bentuk fisik meja dan kursi kerja, layar tampilan, bentuk papan
ketik, posisi duduk, pengaturan lampu, kebersihan tempat kerja, dan
beberapa aspek lain sangat berpengaruh pada kenyamanan lingkungan kerja.
Meski sifat seorang pengguna dengan pengguna lain berbeda, tetapi
mereka pasti menginginkan adanya lingkungan kerja yang nyaman ketika
mereka bekerja dengan komputer.
Mempelajari
tentang Perancangan Grafis dan Tipografi Ada kata bijak yang
mengatakan bahwa “sebuah gambar dapat bermakna sama dengan seribu
kata”. Dalam dunia komputer, kata ini dapat diartikan bahwa gambar
dapat digunakan sebagai sarana dialog yang efektif antara manusia
dengan koputer. Keahlian merancang grafik dan tipografi menjadi salah
satu junci penting untuk menunjang keberhasilan sistem
manusia-komputer. Karena antarmuka yang disusun dapat menjadi lebih
luwes dan ampuh.
Philosophy (filsafat) adalah studi tentang masalah umum dan mendasar,
seperti yang berhubungan dengan eksistensi ,pengetahuan ,nilai
,akal,pikiran ,dan bahasa sehingga dapat berperan untuk memberikan
landasan filosofik dalam memahami berbagi konsep bagi penerapan
interaksi manusia dan komputer.
Pada Interaksi manusia dan Komputer atau HCI ( Human Computer Interaction ) banyak cakupan atau pembahasan yang lebih luas. Karena itu kami mencoba mengaji apa keterkaitan Interaksi manusia dan Komputer dengan Ilmu-Ilmu yang lain.
1. Computer Science
2. Cognitive Pyschology
Mempelajari tentang memahami sifat dan kebiasaan, persepsi dan pengolahan kognitif, ketrampilan motorik pengguna. Dalam hal ini setiap
pengguna memiliki sifat yang berbeda satu sama lain sehingga perancang
sistem interaksi manusia komputer juga harus mempelajari aspek
psikologi pengguna untuk dapat memahami bagaimana pengguna dapat
menggunakan sifat dan kebiasaan baiknya, menggunakan persepsi dan
pengolahan kognitif serta keterampilan motorik yang dimilikinya agar
dapat menjodohkan mesin dengan manusia untuk mendapatkan kerja sama
yang serasi.
Mempelajari tentang pengaruh
sistem komputer dalam struktur sosial. Pada intinya ini merupakan
konteks dari suatu interaksi, yang membantu pemahaman mengenai konsep
interaksi secara luas.
4. Ergonomics and Human Factors
Mempelajari
tentang aspek fisik untuk mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman.
Misalnya letak meja, kursi, monitor, keyboard, mouse, posisi duduk,
pengaturan pencahayaan, kebersihan dan berbagai aspek lain akan sangat
berpengaruh terhadap interaksi manusia dengan komputer yang digunakan. Saat
ini semakin banyak orang yang bekerja di depan terminal komputer untuk
jangka waktu yang cukup lama. Oleh sebab itu untuk pengguna yang
demikian perlu dipersiapkan meja kerja yang nyaman, untuk menghindari
kemungkinan adanya kecelakaan, naik ringan maupun berat. Meski sifat
seorang pengguna dengan pengguna lain berbeda, tetapi mereka pasti
menginginkan adanya lingkungan kerja yang nyaman ketika mereka bekerja
dengan komputer.
5. Engineering
6. Desaign
7. Antrhopology
Mempelajari tentang memahami cara kerja berkelompok yg masing-masing anggota bekerja sesuai dgn bidangnya.
Misalnya interaksi antara teknologi, kerja, dan organisasi. Seperti
diketahui, interaksi sangat dipengaruhi oleh teknologi yang digunakan
(dalam sebuah kantor). Di sisi lain, antropologi juga dapat memberikan
pandangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing
anggotanya diharapkan dapat memberikan kontribusi sesuai dengan bidang
masing-masing.
8. Sociology
Mempelajari
tentang pengaruh sistem manusia komputer dalam struktur sosial. Adanya
kekhawatiran sementara orang tentang akan di PHK-nya mereka atau
disingkirkannya mereka dari kantor mereka karena adanya otomatisasi
kantor sering menjadi bahan yang menarik untuk didiskusikan.
9.Philosophy
10. Linguistics
Mempelajari
tentang bahasa. Pada saat kita menggunakan komputer, seolah-olah kita
sedang melakukan dialog dengan komputer yang ada di hadapan kita. Untuk
dapat melakukan dialog, kita memerlukan sarana komunikasi yang
memadai. Sarana komunikasi ini berbentuk suatu bahasa khusus, misalnya
bahasa grafis, bahasa alami, bahasa menu ataupun bahasa perintah.
Linguistik merupakan cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari bahasa.
Beberapa aspek seperti komputasi linguistik dan teori bahasa formal
membentuk bidang khusus dalam ilmu komputer. Sarana komunikasi inilah
yang akan mengarahkan pengguna ketika ia berurusan dengan komputer.
Peran bahasa yang digunakan sebagai antar muka agar user lebih mudah
menggunakan sistem tersebut dan tidak terjadi kesalah pahaman di dalam
menggunakannya. Dibutuhkan suatu komposisi bahasa yang sangat baik dan
dapat dengan mudah dimengerti oleh user.
11. Artificial Intelligent
Kecerdasan buatan bertujuan
agar komputer dapat melakukan pekerjaan seperti dan sebaik yang
dilakukan manusia serta menggabungkan cara berpikir manusia dan mesin,
untuk mengambil keputusan, memecahkan masalah dan pembelajaran. Faktor
kecerdasan buatan mempunyai peran untuk menciptakan suatu sistem yang
betul-betul andal, canggih dan menyerupai pola berpikir manusia,
misalnya Robot. Selain itu faktor ini menyebabkan perkembangan HCI
semakin sulit dibayangkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar